Senin, 13 Juni 2016

Tragedi Bom Bali

Sudah 13 tahun berlalu semenjak kejadian kelam yang tidak akan terlupakan bagi sebagian orang di Indonesia. Tragedi yang terjadi pada 12 Oktober 2002 silam, menorehkan tinta pahit untuk seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia. Tragedi dimana 3 bom meledak di 3 lokasi di kota Bali karena ulah para teroris. 202 orang dari berbagai negara meninggal dunia, 209 orang mengalami luka-luka. Tragedi yang dikenal dan rutin diperingati sebagai tragedi bom Bali 1

Bom-Bali-1

Softnews | Adichannel – Tragedi ini dikenal dengan nama tragedi “bom Bali 1”. Kejadian ini terjadi pada 12 Oktober 2002 silam, atau tepat 13 tahun yang lalu. Dalam tragedi ini terdapat tiga rangkaian ledakan bom. Korban dari berbagai negara pun berjatuhan. Jumlah korban meninggal dalam tragedi ini sekitar 2002 orang, sedangkan korban luka berat dan ringan berjumlah 209 orang.
Baca Juga :
Kronologi Tragedi Bom Bali 1, tahun 2002
Rangkaian tiga peristiwa pengeboman ini terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002. Dua ledakan pertama terjadi di Paddy’s Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali, sedangkan ledakan terakhir terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, walaupun jaraknya cukup berjauhan.
Malam minggu yang cerah seketika menjadi mencekam di Paddy’s Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali, karena diguncang bom. Dua bom meledak dalam waktu yang hampir bersamaan yaitu pukul 23.05 Wita. Lebih dari 200 orang menjadi korban tewas keganasan bom itu, sedangkan 200 lebih lainnya luka berat maupun ringan. Banyak saksi yang melihat daging dan potongan tubuh manusia bertebaran dimana-mana.baca selengkapnya
Ledakan itu sendiri meninggalkan sebuah lubang besar berdiameter 5 x 4 meter dan kedalaman 1,5 meter. Asap disertai kilauan cahaya api menjulang tinggi hingga 100 meter.
Ground zero bom bali 1

Kurang lebih 10 menit kemudian, ledakan kembali mengguncang Bali. Pada pukul 23.15 Wita, bom meledak di Renon, berdekatan dengan kantor Konsulat Amerika Serikat. Namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
Untuk mengenang tragedi ini, pemerintah daerah Bali, membangun sebuah monumen peringatan yang di beri nama Monumen Panca Benua. Dikalangan wisatawan, monumen peringatan tragedi bom Bali 1, lebih terkenal dengan nama Monumen Ground Zero Bali. Setiap tahun pada tanggal 12 Oktober, banyak orang yang datang dari berbagai negara, berkumpul di tempat tugu peringatan bom Bali, untuk mengenang tragedi bom Bali.
Tiga tahun kemudian, terjadi kembali serangan bom teroris. Tepatnya pada 1 Oktober 2005. Tragedi ini dikenal dengan sebutan tragedi “Bom Bali 2”. Sedikitnya 23 orang tewas dan 196 lainnya luka-luka akibat tragedi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar